Menu

Raker POKJA PKP dan Kick off Meeting Penyusunan Dokumen RP3KP

  • Read: 25 times

Bapelitbang (23/06/2022) bertempat di gedung Pohohimbungo Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara telah melaksanakan Rapat Kerja POKJA PKP dan Kick Off Meeting Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan Kawasan Pemukiman (RP3KP) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tahun 2022.

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh Yang Diwakili Oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Bolmut Jacomina, H.J. Mamuaja, S.Pd membuka secara resmi kegiatan rapat kerja POKJA PKP dan Kick Off Meeting Penyusunan Dokumen RP3KP kabupaten Bolmut tahun 2022. Dalam sambuatan Bupati Bolmut yang dibacakan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Bolmut menyampaikan kepada seluruh peserta undangan rapat agar memberikan perhatian serius dalam mengikuti rapat tersebut, karena kegiatan tersebut bernilai penting dan strategis dalam pembangunan Bolmut kedepan.

ucap beliau dalam sambutannya “ POKJA PKP adalah wadah yang di bentuk atas dasar komitmen bersama para pemangku kepentingan sebagai tempat untuk menyinergikan kebijakan, pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap Permukiman Kumuh Perkotaan, tukar pikiran dan koordinasi. Perlu diketahui bahwa, dikabupaten Bolmut sampai dengan pertengahan tahun 2022 ini, masih terdapat 2% kawasan kumuh yang meliputi 12 lokasi di 5 kecamatan dengan luas sebesar 50.76 Hektar dari kawasan permukiman, hal ini tentunya perlu menjadi perhatian kita bersama sesuai dengen target angka kawasan kumuh bisa mencapai 0%. Sehingga dengan adanya POKJA PKP ini diharapkan akan tercipta sinergi antar pemangku kepentingan baik pemerintah, masyarakat maupun swasta sesuai dengan tujuan penyelenggaraan PKP yang diharapkan. Selain itu juga kita akan melakukan Kick Off Meeting Penyusunan Dokumen RP3KP, sebagaimana kita ketahuan bahwa Dokumen RP3KP sangat penting karena bukan saja sebagai dasar pijakan dalam pengembangan perumahan dan kawasan permukiman namun juga sering menjadi syarat dalam mendapat bantuan pemerintah pusat, sehingga dokumen ini harus kita seriusi dan di upayakan harus tersusun tahun ini “.

Tujuan rapat kerja ini adalah untuk melakukan penguatan kelembagaan, peran POKJA baik pada tugas dan fungsi serta pemahaman terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pengembangan perumahan dan permukiman serta penjelasan rincian terhadap metodologi Penyusunan Dokumen RP3KP.

Turut Hadir, Narasumber Perncanaan SARPRAS dan Infrastruktur Kewilayahan Ridwan Anom ST, MURP, Tim Ahli Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulut Victor Watuseke ST, Plt Kepala Bapelitbang Kabaupaten Bolmut Aroman Talibo SPT, Pimpinan OPD Terkait, dan Peserta Rapat Kerja.

Read more...

Kick Off Meeting Penyusunan DT-NTP Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2022

  • Read: 58 times

Bapelitbang Kamis (23/06/2022), Rapat Tim Penyusun data Diagram Timbang Nilai Tukar Petani (DT-NTP) dalam rangka Kegiatan Pengukuran dan Penyusunan DT-NTP Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun 2022 yang di selenggarakan oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kab. Bolmut, Bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Bolmut.

Pertanian merupakan salah satu sektor andalan di wilayah Kab. Bolmut, Hal ini mencerminkan bahwa sektor pertanian sesungguhnya masih menjadi tumpuan bagi penduduk indonesia dan sekaligus penyumbang terhadap pertumbuhan ekonomi. Sehubungan dengan itu, maka di perlukan suatu indikator

yang secara akurat dapat mengukur kemampuan daya beli petani sebagai salah satu pelaku utama disektor pertanian. Ukuran ini disajikan sebagai tolak ukur Pemerintah yang berguna sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan dibidang pertanian.

Indikator utama untuk mengukur kemampuan daya beli petani di daerah perdesaan adalah Nilai Tukar Petani (NTP). NTP merupakan perbandingan indeks harga komoditas pertanian yang diproduksi oleh petani terhadap indeks harga barang/jasa yang dibayar petani untuk keperluan konsumsi rumah tangga dan biaya produksi.

Salah satu bahan dasar dalam penghitungan NTP adalah Diagram Timbang (DT) dan paket komoditas dimana DT dan paket komoditas didapat dari hasil survei penyusunan DT.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengukur kesejahteraan petani dan sebagai barometer untuk Pemerintah daerah dalam pemenuhan kebutuhan petani di Kab. Bolmut.

Turut hadir Kepala BPS dan tim ahli BPS Kab. Bolmut, OPD teknis terkait.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

BAPELITBANG BOLMUT
Jl. Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kaidipang - Boroko
Kompleks Kantor Bupati Bolaang Mongondow Utara

Email : kantor@bapelitbang.bolmutkab.go.id