Menu

Bupati Bolmut Buka Sosialisasi Tingkat Kabupaten Pelaksanaan Pamsimas III Featured

Humas Bolmut Humas Bolmut

Boroko (20/09) Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka Sosialisasi Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Cluster II Kecamatan Sangkub, Kecamatan Bintauna dan Kecamatan Bolangitang Timur yang bertempat di Ruang Rapat Bapelitbang.

Kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Bapelitbang Bolaang Mongondow Utara bertujuan untuk mengenalkan program Pamsimas III serta meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembangaan lokal (Pemerintah Daerah dan masyarakat) dalam penyelenggaraan Program ini.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Bolmut menyampaikan bahwa kehadiran Program Pamsimas sejak Tahun 2016 lalu telah membantu Pemerintah Daerah. Dimana diketahui bersama APBD Kabupaten Bolmut belum mampu mengakomodir semua kebutuhan masyarakat. Sehingga setiap peluang pembiayaan dari Pemerintah Pusat dan bantuan lain yang tidak mengikat harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Lebih lanjut, dikatakan program Pamsimas harus dijalankan secara efekif dan efisien, selain melibatkan banyak pihak, program ini juga menghabiskan dana yang besar. Hal ini perlu dilakukan mengingat target Nasional pada RPJMN 2015-2019 yang mengamanatkan Program 100-0-100 (100% akses aman air minum, 0% bebas kumuh dan 100% akses sanitasi yang layak).

Untuk itu, Bupati Bolmut mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung program Pamsimas ini agar ke depan dapat berjalan sesuai harapan, terutama kendala-kendala yang terjadi di masyarakat, sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik.

Melalui sosialisasi ini diharapkan para Sangadi mendapat pemahaman serta ikut berpartisipasi dalam program ini, karena masih banyak Desa-Desa di Bolmut yang belum mendapat akses air minum yang layak dan sanitasi yang baik sehingga perlu penanganan khusus.

Kegiatan ini merupakan langkah awal, setelah ini ada sosialisasi di tingkat Desa dimana Pemerintah Desa diberi kesempatan mengajukan proposal untuk mengikuti program Pamsimas, dan tahapan akhir penetapan Desa-Desa yang akan mendapatkan bantuan.

Disampaikan bahwa hasil perekrutan Tahun 2016, ada 10 Desa yang ikut Program Pamsimas dimana untuk Tahun ini Desa-Desa tersebut secara keseluruhan mendapat dana transfer dari Pemerintah Pusat sebesar 1,7 Milyar Rupiah. Karena itu, sangat diharapkan Pemerintah Desa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik terutama Desa-Desa yang saat ini sangat butuh ketersediaan air minum dan sanitasi.

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber Data Managemen Analys (DMA) Program Pamsimas III Roms 14 Provinsi Sulawesi Utara Sonny Manabung. Turut hadir Kepala Bapelitbang Drs. Leksi Talibo, Pimpinan Perangkat Daerah terkait, Perwakilan Kecamatan dan Para Sangadi di Wilayah Kecamatan Cluster II.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

back to top

BAPELITBANG BOLMUT
Jl. Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kaidipang - Boroko
Kompleks Kantor Bupati Bolaang Mongondow Utara

Email : kantor@bapelitbang.bolmutkab.go.id