Logo
Print this page

Pemkab Bolmut Gelar Rakor Penyusunan RPJMD 2018-2023 Featured

Bagian Humas Dan Protokol Setda Bolmut Bagian Humas Dan Protokol Setda Bolmut

Boroko (03/10) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka penyusunan RPJMD Tahun 2018-2023 yang bertempat di Ruang Rapat Bapelitbang Bolmut.

Rakor yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si tersebut, membahas berbagai permasalahan dan isu strategis pembangunan daerah.

Sementara itu, Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda Bolmut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal dalam merumuskan dan menerjemahkan visi dan misi Kepala Daerah dalam menentukan Tujuan, Sasaran, Strategi dan Kebijakan serta Program Prioritas yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 5 (lima) Tahun ke depan.

Diketahui, Bupati dan Wakil Bupati terpilih telah menetapkan Visi sebagai target utama pencapaian program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Perangkat Daerah secara holistik dan terintegrasi, yaitu ”Mewujudkan Bolaang Mongondow Utara yang Berkelanjutan, Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing”.

Dimana Visi tersebut kemudian dijabarkan dalam 4 Misi pembangunan sebagai kunci keberhasilan :

1. Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya; 

2. Memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik (good and clean gobernment); 

3. Mewujudkan daya saing ekonomi rakyat, melalui inovasi produk dan jasa serta industri kreatif berbasis pertanian, perikanan dan pariwisata; dan 

4. Mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur wilayah yang handal.

Dalam pencapaian Visi dan Misi, secara substansial ditetapkan 7 (tujuh) prioritas pembangunan yang tertuang dalam Inovasi Depri Amin Lasena (iDEAL) yang merupakan representasi rakyat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara :

1. Seluruh anak usia sekolah (wajib belajar 9 Tahun) mendapatkan pendidikan yang layak dan terjangkau;

2. Seluruh masyarkat memperoleh layanan kesehatan yang mudah dan murah;

3. Menjadikan seluruh potensi daerah sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi;

4. Seluruh tatanan pemerintahan (aparatur) berperan aktif dan kreatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat;

5. Seluruh wilayah terjangkau akses infrastruktur dasar yang handal;

6. Seluruh tatanan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan dilaksanakan dengan akuntabel dan transparan;

7. Melestarikan budaya lokal sebagai kepribadian masyarakat Bolaang Mongondow Utara dalam menunjang pembangunan industri pariwisata.

Melalui kegiatan ini, Bupati Bolmut berharap seluruh Perangkat Daerah dapat memberikan masukan, gagasan dan informasi dalam menunjang sekaligus memantapkan Visi dan Misi 5 Tahun ke depan serta 7 Prioritas Pembangunan Daerah.

By AJP™ Bapelitbang Crew. All rights reserved.