Menu

Bupati Bolmut Buka Forum Perangkat Daerah dan Pra Musrenbang RKPD Tahun 2020 Featured

Foto oleh Humas Crew Foto oleh Humas Crew

Humpro (05/03/2019) Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah dan Pra Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Bolmut Tahun 2020 yang bertempat di Ruang Rapat Bapelitbang.

Kegiatan Pra Musrenbang tingkat Kabupaten tersebut, sebelumnya telah diawali dengan tahapan Musrenbang Desa dan Kecamatan dengan melibatkan segenap stakeholder pembangunan.

Karena itu, Bupati Bolmut dalam sambutannya mengatakan tahapan ini telah mencerminkan mekanisme perencanaan pembangunan yang mengedepankan prinsip partisipatif, bottom up planning, demokratis dan transparan.

Dijelakskan bahwa pra Musrenbang tingkat Kabupaten dilaksanakan untuk menyelaraskan program kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan hasil Musrenbang Kecamatan dan mempertajam indikator serta target kinerja program kegiatan perangkat Daerah sesuai tugas dan fungsi.

Selain itu, untuk menyelaraskan program kegiatan antar Perangkat Daerah dalam mengoptimalkan pencapaian sasaran sesuai kewenangan dan strategis pelaksanaan prioritas pembangunan daerah serta menyesuaikan pendanaan program kegiatan prioritas berdasarkan kemampuan keuangan daerah untuk penganggaran pada APBD.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa di Tahun ini Pemerintah Dareah telah berkomitmen dalam proses perencanaan sudah berbasis e-Planning, yang memungkinkan akan mengalami banyak penyesuaian terhadap mekanisme perencanaan, dimana tahapan yang tidak sesuai mekanisme dalam sistem akan ditolak secara otomatis, sehingga tidak ada lagi peluang untuk menyisipkan kegiatan yang tidak melalui tahapan awal perencanaan.

Bupati Bolmut juga mengajak untuk memanfaatkan forum pra Musrenbang ini seoptimal mungkin, berikan masukan dan informasi dengan tetap memperhatikan aspek pemerataan, keterpaduan program kegiatan antar perangkat Daerah sesuai skala prioritas dengan mempertimbangkan keuangan daerah, sehingga diperoleh rumusan positif yang mencerminkan kebutuhan rill masyarakat dan mampu mendukung kemajuan pembangunan di daerah.

Kepada semua pihak diharapkan untuk menghargai rumusan yang nantinya akan dihasilkan. Jangan ada lagi yang potong kompas usulan pada saat penyusunan APBD yang dapat mencederai kesepakatan yang telah ditetapkan.

Turut hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Sekretaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan Perangkat Daerah, para Camat serta Sangadi.

 

Sumber: Bagian Humas Dan Protokol Setda Bolmut

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

back to top

BAPELITBANG BOLMUT
Jl. Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kaidipang - Boroko
Kompleks Kantor Bupati Bolaang Mongondow Utara

Email : kantor@bapelitbang.bolmutkab.go.id