Logo
Print this page

Forum Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Tahun 2023 Featured

Foto Dokumentsi : Prokopim Bolmut Foto Dokumentsi : Prokopim Bolmut

 Badan Perencanaan dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan Forum OPD dalam rangka Penyusunan RKPD Kab. Bolmut tahun 2023 serta Penandatanganan Berita Acara hasil Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran tahun 2022 antara Pemeritah Daerah Kab. Bolmut dan BPKP Perwakilan Prov Sulut. Kemudian dilanjutkan dengan Penutupan Kegiatan dan Penandatanganan Berita Acara Program Unggulan tahun 2023 oleh Kepala Perangkat Daerah Kab. Bolmut.

Rabu (23/03/2022). Bupati Bolmut Drs. Hai. Depri Pontoh Menghadiri Forum Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Tahun 2023 yang Bertempat di Aula Kantor Bapelitbang Bolmut.

Bupati Bolmut Menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring, SE, MM, Ak, CA, QIA, CGCAE Beserta Tim Evaluasi yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam evaluasi kinerja Perangkat Daerah.

Bupati Bolmut juga menegaskan kepada seluruh kepala program agar program yang di rancang memberikan kontribusi maksimal terhadap target RPJMD di akhir masa jabtannya. “saya tidak henti-hentinya mengingatkan kepada kepala OPD, agar dalam menyusun rencana kerja tahun 2023 untuk tetap fokus pada indikator kinerja utama di masing-masing skpd. hindari kegiatan-kegiatan penganggaran yang bersifat koordinatif dan administratif agar beban belanja dapat langsung membantu belanja pembangunan. saya hanya ingin memastikan, semua target yang tercantum di RPJMD dapat tercapai diakhir masa jabatan saya di tahun 2023.

Untuk itu, perencanaan pembangunan tahun 2023 yang akan datang, berbagai program proposal dan kegiatan yang dilengkapi dan berdasarkan data yang akurat. sehingga agenda pembangunan yang dilaksanakan akan tepat sasaran”. Bupati Tegas Bolmut

Ia juga menambahkan “saya berharap, bahwa setiap program-program unggulan yang disampaikan pada saat mendatang diharapkan untuk memberikan kontribusi maksimal terhadap target RPJMD di akhir masa jabatan saya. dalam penyusunan program kegiatan kita jangan bebas dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat koordinatif dan administratif. setiap kegiatan prioritas yang dilakukan dengan masyarakat harus mengalami hal baru. inovatif berupa inovasi dan kreasi selalu mengubah zaman yang saat ini diminati masyarakat. Forum partisipatif ini, merupakan salah satu tahapan dalam menyusun rencana pembangunan tahun 2023 dan sebagai tindak lanjut dari MUSRENBANG Desa dan MUSRENBANG Kecamatan”.

 

Lebih lanjut Kepala perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring, SE, MM, Ak, CA, QIA, CGCAE"; beserta jajaran bertitik tolak dari berbagai permasalahan, potensi, dan tantangan pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang ada saat ini, serta memperhatikan RPJPD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2005-2025, RPJMD tahun 2018 2023 maka dirumuskan 4 prioritas pembangunan daerah pada tahun 2023 diantaranya:

  1. Menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran serta memperkecil kesenjangan;
  2. Meningkatkan daya saing produk lokal daerah;
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia; dan
  4. Akselerasi implementasi reformasi birokrasi.

Selain 4 prioritas pembangunan tersebut, juga beberapa isu sensitif yang merupakan aspirasi dan harapan masyarakat serta menjadi kesimpulan selama tahapan musrenbang dan forum konsultasi publik yang perlu menjadi partisipasi.

Hasil dari forum ini akan menjadi masukan pada perangkat daerah dalam penyempurnaan rancangan RENJA perangkat daerah yang selanjutnya akan menjadi masukan dalam rancangan rancangan RKPD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tahun 2023.

Turut Hadir: Staf Ahli Bupati, Staf Khusus Bupati Bolmut, Para Pimpinan OPD, Tim Anggaran Pemerintah Daerah Bolmut, Camat Se kabupaten Bolmut, dan Para Sangadi

By AJP™ Bapelitbang Crew. All rights reserved.