Menu

Kamis, 23 September 2021 - Situs Resmi Bapelitbang Kab. Bolaang Mongondow Utara

Innovative Government Award 2021 Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana yang tertuang dalam pasal 388 ayat (9) dan ayat (11) menyatakan bahwa “pemerintah pusat memberikan penilaian terhadap inovasi yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah” dan “pemerintah pusat memberikan penghargaan dan/atau insentif kepada pemerintah daerah yang berhasil melaksanakan inovasi”. Sebagai bentuk penjabaran dari perundangan tersebut maka diterbitkanlah Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah adalah sebagai petunjuk pelaksanaan bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan praktik-praktik inovatif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Pelaksanaan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang diatur dalam peraturan perundang-undangan tersebut, tentunya perlu diperkuat dengan upaya dan langkah-langkah strategis agar inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah menjadi hal yang masif untuk dapat diterapkan. Upaya menumbuhkembangkan dan menyebarluaskan praktik-praktik inovasi yang baik secara kontinu perlu dilakukan dengan cara memotivasi dan memacu kreativitas pemerintah daerah untuk melakukan inovasi dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan didaerahnya. Untuk itu, langkah awal yang dilakukan salah satunya adalah melalui penilaian inovasi daerah melalui supervisi secara periodik dan berkelanjutan, sehingga didapatkan gambaran bagaimana praktik-praktik penyelenggaraan inovasi diselenggarakan oleh pemerintah daerah berikut dampaknya.

Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan diberikan amanat untuk melaksanakan Penilaian Inovasi Daerah yang ditetapkan sebagai salah satu Program Prioritas Kementerian Dalam Negeri Tahun 2021. Sebagai salah satu bentuk implementasi dari upaya memotivasi serta memacu kreativitas pemerintah daerah untuk melakukan praktik yang inovatif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri, melalui fungsi pembinaan, terus mendorong pemerintah daerah untuk melahirkan ide dan gagasan berupa inisiatif baru dan inovasi yang selanjutnya dilakukan uji coba sampai pada proses keberhasilan uji coba, yang kemudian diterapkan dengan perda dan perkada.

Menindaklanjuti perihal diatas, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara melalui Bapelitbang melaksanaan penjaringan inovasi dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah dan melakukan penginputan Inovasi Daerah tersebut ke Website Litbang Kemendagri yang setiap inovasi langsung di berikan bobot/nilai secara otomatis oleh sistem sesuai dengan 20 puluh indikator yang di persyaratkan.

Sebagai bentuk penghargaan atas keikutsertaan perangkat daerah, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, memberikan apresiasi kepada perangkat daerah yang berprestasi.

Bupati Bolaang Mongondow Utara dalam sambutannya pada Upacara HUT Provinsi Sulawesi Utara yang ke-57 yang di laksanakan bertempat di Halaman Kantor Bupati Bolaang Mongondow Utara, menyampaikan bahwa pada hari ini akan dilaksanakan penyerahan penghargaan Innovatif Government Award Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2021, kepada satuan kerja perangkat daerah yang telah berkontribusi dalam berinovasi. Hal ini juga merupakan tindakan lanjut dari surat menteri dalam negeri republik indonesia nomor nomor 002.6/3362/SJ tanggal 8 juni 2021 perihal pengukuran dan penilaian Indeks Inovasi Daerah (IDD) Tahun 2020, dimana Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berada pada peringkat 232 dengan Kategori Kabupaten Kurang Inovatif. Namun, setelah melakukan pelaporan berbagai inovasi dari beberapa perangkat daerah kepada kementrian dalam negeri melalui https://indeks.inovasi.litbang.kemendagri.go.id/ , pertanggal 17 september 2021 kemarin, pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (dalam proses penilaian sementara) sudah masuk Kategori Kabupaten Sangat Inovatif. Untuk itu, saya ucapakan terima kasih atas perhatian dan keseriusan dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah yang telah membuat inovasi pada instansinya masing masing.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada 3 ASN dalam kategori The Influencer Of Innovation, hal ini diharapkan dapat memotivasi para ASN untuk menjaring ide-ide inovatif dan bisa diterapkan pada masing-masing SKPD, dengan adanya inovasi dari tiap-tiap SKPD semoga dapat meningkatkan pelayanan Publik serta meningkatan tata kelola pemerintah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Kepala Bapelitbang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Abdul Nazarudin Maloho, S.Pd, M.Si, menyampaikan bahwa Bapelitbang sudah merencanakan untuk tahun 2022 akan menyelenggarakan lomba inovasi dengan 2 kategori yaitu Lomba Inovasi antar SKPD dan Kategori Lomba Inovasi untuk umum, menjadi harapan besar ditahun ini setelah proses verifikasi oleh Litbang Kemendagri; Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bisa memperoleh kategori Kabupaten Sangat Inovatif dalam Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 di Tingkat Nasional.


Adapun SKPD yang memiliki innovasi adalah sebagai berikut :

KATEGORI SKPD TERINOVATIF

Juara I Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa
Nama Inovasi :
1. Gemar Cahting
2. Siap Jaga Desa
3. SIP Desa

Juara II Badan Pengelola Keuangan Daerah
Nama Inovasi :
1. Penerapan Laporan Kinerja Aparatur Negeri Sipil Berbasis Elektronik (aplikasi E-TTP)

Juara III Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
Nama Inovasi :
1. Inovasi Mania KB
2. KB berjalan
3. Kase Kehidupan
4. Inovasi Andini
5. Mama Kelor

SKPD INOVATIF
• DINAS PERTANIAN
Nama Inovasi : Gedor IB (Gerakan door to door Intai Birahi)
• DINAS ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
Nama Inovasi :
1. Jelajah Desa
2. Balada KIA
• DINAS KESEHATAN
Nama Inovasi : Gemar Ceria (Gerakan Remaja Cerdas Peduli Anemia)
• PUSKESMAS BOLANGITANG
Nama Inovasi :
1. Bayi LDR (Lahir Dan ter-Registrasi)
2. Rabu Berbusa (Berbagi Buah Segar)
• PUSKESMAS SANGKUB
Nama Inovasi : Pendekar Sakti (Pemantauan dengan ketat ibu hamil beresiko tinggi)
• PUSKESMAS SANG TOMBOLANG
Nama Inovasi : GEMAH DARTING (Gerakan Mencegah Darah Tinggi)
• PUSKESMAS OLLOT
Nama Inovasi : TUNAS KURMA (Tuntaskan Kuman TBC di Rumah)


KATEGORI THE INFLUENCER OF INNOVATION

1. Fadly Tadjudin Usup, SE.MM (Kepala Dinas PMD)
2. Meity Tombinawa, SKM (Kabid Keluarga Berencana Keluarga Sejahtra DPPKBPPPA)
3. Sumitro Paputungan,SE (Kabid PIAK Pemanfaatan Data Disdukcapil)

Read more...
Subscribe to this RSS feed

BAPELITBANG BOLMUT
Jl. Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kaidipang - Boroko
Kompleks Kantor Bupati Bolaang Mongondow Utara

Email : kantor@bapelitbang.bolmutkab.go.id