Menu

Kamis, 23 Juni 2022 - Situs Resmi Bapelitbang Kab. Bolaang Mongondow Utara

Kick Off Meeting Penyusunan DT-NTP Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2022

Bapelitbang Kamis (23/06/2022), Rapat Tim Penyusun data Diagram Timbang Nilai Tukar Petani (DT-NTP) dalam rangka Kegiatan Pengukuran dan Penyusunan DT-NTP Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun 2022 yang di selenggarakan oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kab. Bolmut, Bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Bolmut.

Pertanian merupakan salah satu sektor andalan di wilayah Kab. Bolmut, Hal ini mencerminkan bahwa sektor pertanian sesungguhnya masih menjadi tumpuan bagi penduduk indonesia dan sekaligus penyumbang terhadap pertumbuhan ekonomi. Sehubungan dengan itu, maka di perlukan suatu indikator

yang secara akurat dapat mengukur kemampuan daya beli petani sebagai salah satu pelaku utama disektor pertanian. Ukuran ini disajikan sebagai tolak ukur Pemerintah yang berguna sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan dibidang pertanian.

Indikator utama untuk mengukur kemampuan daya beli petani di daerah perdesaan adalah Nilai Tukar Petani (NTP). NTP merupakan perbandingan indeks harga komoditas pertanian yang diproduksi oleh petani terhadap indeks harga barang/jasa yang dibayar petani untuk keperluan konsumsi rumah tangga dan biaya produksi.

Salah satu bahan dasar dalam penghitungan NTP adalah Diagram Timbang (DT) dan paket komoditas dimana DT dan paket komoditas didapat dari hasil survei penyusunan DT.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengukur kesejahteraan petani dan sebagai barometer untuk Pemerintah daerah dalam pemenuhan kebutuhan petani di Kab. Bolmut.

Turut hadir Kepala BPS dan tim ahli BPS Kab. Bolmut, OPD teknis terkait.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

BAPELITBANG BOLMUT
Jl. Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kaidipang - Boroko
Kompleks Kantor Bupati Bolaang Mongondow Utara

Email : kantor@bapelitbang.bolmutkab.go.id